Kamis, 03 April 2014

Kesimpulan Akhir dari Buku Berjalan di Atas Badai



Setelah menulis artikel tentang buku Berjalan di Atas Badai (Part 1) hingga Berjalan di Atas Badai (Part 5), maka disini penulis ingin membuat suatu kesimpulan ringkas tentang isi buku tersebut. Kisah Petrus berjalan di atas air memiliki kesan yang begitu kuat bagi penulis karena cerita tersebut memberikan gambaran yang sangat nyata tentang kehidupan kita.

  1. Awalnya bahtera kehidupan kita berlayar dengan aman, danau kehidupan pun begitu tenang. 
  2. Namun tiba-tiba sesuatu yang tidak kita inginkan terjadi. Badai kehidupan datang menerjang dan mengancam untuk menenggelamkan bahtera kehidupan kita. Keadaan yang nyaman seketika berubah menjadi suatu kepanikan, ketakutan dan kekuatiran.
  3.  Inilah yang selalu dilakukan oleh Tuhan Yesus. Dia datang tepat pada waktunya untuk memberi penghiburan, “Tenaglah, Aku ini, jangan takut!” serta menawarkan pertolongan. 
  4. Ketika kita bersedia merespon, hidup kita menjadi terangkat, mukjizat kita alami dan kitapun berada pada puncak kesuksesan berjalan di atas badai. 
  5. Meskipun demikian, di tengah kesuksesan sekalipun, ternyata kita masih berada pada kemungkinan untuk tenggelam.
  6. Ketika hal itu mulai terjadi, asal kita mau berseru, “Tuhan, tolonglah aku!” Yesus pasti mengulurkan tangan-Nya dan tidak membiarkan kita tenggelam. 
  7. Hasilnya, kita mengalami pemulihan, bangkit kembali dan berjalan di atas badai kembali bersama dengan Yesus. 
  8. Akhir cerita yang membuat orang percaya tetap kuat adalah, lalu kita naik ke perahu dan badai pun reda. 
  9. Ya, badai itu tunduk pada kita.

Awalnya, penulis berpikir bahwa selesai sudah tulisan ini sampai disini karena telah memberikan kesimpulan. Namun, penulis merasa belum puas jika tidak menyampaikan hal berikut. Penelitian yang ada membuktikan bahwa Anda akan mengingat :
10 % dari yang Anda baca
25% dari yang Anda dengar
30% dari yang Anda lihat
50% dari yang Anda lihat dan dengar
70% dari yang Anda katakan saat Anda bicara
90% dari yang Anda katakan dan lakukan

Artinya, jika hanya membaca buku ini, Anda hanya akan mendapatkan manfaat sebesar 10%. Namun jika Anda ingin mendapatkan manfaat hampir 100%, Anda harus bersedia untuk mengatakan atau membagikannya kepada orang lain serta melakukannya. Dengan demikian, Anda tidak hanya menjadi pribadi yang dapat berjalan di atas badai, tetapi Anda juga dapat membantu orang lain berjalan di atas badai.


Sumber :
Buku "Berjalan di Atas Badai'

Pdt. Sukamal B Fadelan


Tidak ada komentar:

Posting Komentar