Selasa, 10 Juni 2014

Tiga Alasan Mengapa Kita Merayakan Hari Pentakosta

Hari Pentakosta baru saja kita lalui pada hari Minggu kemarin. Karena selalu jatuh pada hari Minggu maka seringkali kita tidak menyadari jika hari tersebut adalah hari yang sangat penting dalam kehidupan iman kita. Biasanya yang paling kita ingat dari hari raya Kristen adalah Natal dan juga Paskah, namun pada hari ini saya ingin mengajak sobat semua untuk lebih memahami tentang hari raya Pentakosta, dan mengapa hari Pentakosta begitu penting. Berikut ini ada tiga alasan mengapa kita perlu untuk merayakan hari Pentakosta.

  1. Pentakosta adalah Hari Lahir Gereja Kristus
    Setelah Yesus bangkit, Ia berpesan kepada para murid untuk tetap di Yerusalem - Sebab Yohanes membaptis dengan air, tetapi tidak lama lagi kamu akan dibaptis dengan Roh Kudus. Apa yang dijanjikan oleh Yesus itu digenapi pada hari Pentakosta yang tepat jatuh pada hari ke-50 setelah hari Paskah. Pada waktu itu 120 murid Yesus berkumpul di sebuah kamar loteng di Yerusalem, dan pada saat yang ditentukan, Roh Kudus dicurahkan secara supranatural dalam bentuk deru angin yang kencang dan lidah-lidah api yang menyala (Kisah Rasul 2 : 1 - 4).

    Peristiwa Pentakosta ini dipandang sebagai Hari Lahirnya Gereja Kristus di atas muka bumi ini. Mengapa demikian? Sebab pada hari pentakosta itulah, Roh Kudus turun dari Sorga dan diam (Dwell in) di dalam sebuah tubuh yang telah dipersiapkan terlebih dahulu oleh Yesus yaitu Tubuh Kristus = orang-orang percaya yang telah ditebus oleh darah Kristus.
  2. Pentakosta Menandai Mulainya  Sebuah Era BaruPentakosta menandai dimulainya sebuah era baru yaitu Era Anugerah. Apabila kita melihat latar belakang Kisah Rasul fasal 2, disitu kita membaca ada banyak sekali orang berdatangan dari pelbagai daerah ke Yerusalem untuk merayakan dua peristiwa penting yang jatuh pada hari yang sama.
    • Pemberian Taurat kepada Musa, tepat pada hari ke-50 setelah keluar dari Mesir.
    • Perayaan Shavuot atau panen raya tahunan dimana umat Israel mengadakan thanksgiving day.
    Bertepatan dengan dua hal besar yang dirayakan oleh orang Yahudi itulah Tuhan mencurahkan Roh Kudus di kamar loteng kepada 120 orang murid yang setia menunggu selama 10 hari. Apakah ini hanya suatu kebetulan belaka? Tentu saja tidak! Roh Kudus dicurahkan tepat pada hari raya Shavuot Yahudi untuk menyatakan kepada seluruh umat manusia sebuah kebenaran baru yaitu : Sejak Pentakosta, manusia tidak lagi berada di bawah Hukum Taurat Musa (Law of Moses), tetapi sudah berada di bawah Hukum Anugerah Kristus (Law of Grace). Yohanes 1 : 17 berkata -  Sebab Hukum Taurat diberikan oleh Musa, tetapi kasih karunia dan kebenaran datang oleh Yesus Kristus.

    Peralihan dari Taurat menuju Anugerah ini ditandai dengan pencurahan Roh Kudus pada hari pentakosta. Itulah sebabnya Pentakosta merupakan saat yang sangat penting karena menandai awal sebuah Era Baru.

  3. Pentakosta Memperkenalkan Life Style Baru
    Life Style baru ini dinyatakan dalam Efesus 5 : 18 - Dan janganlah kamu mabuk oleh anggur, karena anggur menimbulkan hawa nafsu, tetapi hendaklah kamu penuh dengan Roh. Apa arti hidup penuh dengan Roh? Seringkali orang menafsirkannya sebagai pengalaman emosional atau yang bahasa populernya "ngeroh". Coba perhatikan ayat ini baik-baik, dimana penuh dengan Roh dibandingkan dengan mabuk anggur. Kedengarannya aneh, tapi sebenarnya tidak. Yang menjadi pokok ialah - Ketika seseorang mabuk oleh anggur, orang tersebut akan dikuasai oleh anggur sehingga perilakunya berubah. Demikianlah halnya dengan orang yang dikuasai Roh Kudus, kelakuannya juga harus berubah.

    Pikirkanlah aplikasi kata "penuh", kalau seseorang hatinya dipenuhi dengan : amarah, keserakahan, nafsu seks, kebencian, dendam, dlsb., maka kelakuannya juga akan sesuai dengan apa yang memenuhi hatinya. Namun apabila hati seseorang penuh dengan kasih, hal penuh ini juga akan nampak di dalam perilakunya sehari-hari. Bagaimana halnya jika seseorang penuh dengan Roh Kudus? Ya jelas kata-kata dan perilakunya juga akan menampakkan apa yang memenuhi hatinya. Jadi jelas sekali, Hari Pentakosta adalah hari yang sangat penting karena pada hari itu sebuah life style yang baru telah diperkenalkan, yaitu - Hidup penuh dan dipimpin oleh Roh Kudus.
Source : Aletheia Bible Class, GBI Aletheia Yogyakarta

2 komentar:

  1. ada ga ayat referensi bahwa hari pentakosta jatuh pada hari minggu?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tidak perlu referensi, karena hari pentakosta (hari ke 50) dihitung 50 hari sejak kebangkitan dan atau 10 hari sejak kenaikan. (kenaikan hari Kamis)

      Hapus