Jumat, 21 Februari 2014

Berjalan di Atas Badai (Part 1)

Berjalan di atas badai adalah sebuah judul buku yang ditulis oleh Pdt. Sukamal B. Fadelan. Beliau adalah Gembala Sidang Jemaat GIA Pasadena, Semarang. Saya sangat tertarik membaca bukunya karena telah beberapa kali mendengarkan saat beliau menyampaikan Firman Tuhan di GBI Aletheia Yogyakarta.

Isi buku berjalan di atas badai terinspirasi dari kisah nyata yang ada  di dalam Alkitab, yaitu pada Matius 14 : 22 - 33, yang memberikan suatu pengajaran penting yang sungguh menolong kita dalam menghadapi "badai", dengan memiliki sikap dan mental seorang pemenang, yang tidak mundur saat menghadapi "badai", tetapi terus maju dan berjalan melampaui "badai". Pada kisah di dalam Matius 14 : 22 - 33 tersebut, diceritakan bahwa saat para murid hendak menyeberang Danau Galilea, mereka harus menghadapi badai yang mengombang-ambingkan kapal mereka. Pada situasi yang kritis, tampaklah Yesus datang kepada para murid dengan berjalan di atas air. Awalnya para murid ketakutan dan mengira Yesus adalah hantu, tetapi segera Ia berkata kepada mereka, "Tenanglah! Aku ini, jangan takut!" (ayat 27). Petrus mendengar apa yang dikatakan oleh Tuhan Yesus, tapi baginya itu terasa belum cukup, dan kemudian ia berseru, "Tuhan, apabila Engkau itu, suruhlah aku datang kepada-Mu berjalan di atas air" (ayat 28). Dan yang kemudian terjadi seperti sama-sama kita ketahui, Petrus bisa berjalan di atas air.

Satu hal dari kisah ini yang seringkali terlewatkan oleh kita, jika kita perhatikan dengan seksama pada saat Tuhan Yesus dan Petrus berjalan di atas air, airnya tidak dalam keadaaan tenang, namun sedang bergelora dengan dasyat karena diterjang badai. Intinya adalah, mereka tidak hanya berjalan di atas air, mereka juga sedang "berjalan di atas badai". Di dalam buku ini terdapat empat bagian penting yang hendak penulis bagikan kepada kita semua yaitu
  1. Berusaha berani hidup berdampingan dengan "badai" dan mempertajam cara pandang yang positif terhadap "badai".
  2. Naikkan permintaan yang besar kepada Tuhan, yang akan mengangkat iman Anda di atas rata-rata.
  3. Mengambil resiko melalui langkah-langkah besar yang akan memaksimalkan potensi Anda.
  4. Menyadarkan Anda bahwa dibalik semua kehidupan yang melampaui "badai" terdapat satu pribadi yang sangat menentukan yaitu Tuhan Yesus. Tanpa Dia, semua yang Anda dan saya lakukan akan menjadi sia-sia.
So, buku ini saya rekomendasikan untuk dibaca oleh sobat semua, karena buku ini mengajarkan banyak hal dalam menghadapi berbagai "badai" di dalam kehidupan kita.

Sumber :
Buku "Berjalan di Atas Badai'









Pdt. Sukamal B. Fadelan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar