Minggu, 15 Desember 2013

Apa Tujuan Yesus Datang ke Dunia (Part 1)

Jika pada suatu pagi kita berdiri di pinggir jalan raya, pasti kita akan melihat begitu banyak orang yang berlalu lalang di jalan tersebut, baik dengan berjalan kaki, bersepeda, mengendarai sepeda motor, mobil, becak, dll. Apakah mereka semua berada  di jalan itu sepanjang hari? tentu saja tidak. Mereka berada di jalan tersebut tentu saja mempunyai suatu maksud dan tujuan, seperti berangkat sekolah, bekerja, maupun tujuan-tujuan lainnya. Seperti juga pada hari Natal sekitar 2000 tahun yang lalu, Tuhan Yesus turun ke dunia tentu juga memiliki maksud dan tujuan tertentu. Lalu apakah tujuan Tuhan Yesus meninggalkan kemuliaan Sorga dan turun ke dunia ber-inkarnasi menjadi manusia, lahir di kandang binatang yang hina di daerah Bethlehem?

Jika kita pelajari firman dengan teliti, maka kita akan mengetahui yang menjadi alasan dasar mengapa Tuhan Yesus mau-maunya turun ke dunia. Mari saya ajak sobat semua untuk melihat 3 (tiga) alasan tersebut.

Pertama - Yesus Datang Untuk Menjadi Juru Selamat

Tujuan Yesus datang sebagai juru Selamat ini bisa kita lihat dari apa yang diungkapkan oleh para malaikat kepada para gembala yang sedang menjaga domba-domba di malam Natal. Malaikat tersebut berkata, "Jangan takut, sebab sesungguhnya aku memberitakan kepadamu kesukaan besar untuk seluruh bangsa : hari ini telah lahir bagimu juruselamat, yaitu Kristus, TUHAN, di kota Daud. Dan inilah tandanya bagimu: kamu akan menjumpai seorang bayi dibungkus dengan lampin dan terbaring di dalam palungan." (Lukas 2 : 10 - 12).

Sebelum Tuhan Yesus datang kedunia, umat manusia saat ini berada dalam keadaan "tidak selamat" dan tidak mempunyai "juru selamat". Mengapa bisa begitu? Untuk lebih jelasnya, mari kita buka Alkitab kita dalam Kejadian fs. 1 - 3. Pada awal mula penciptaan, Adam dan Hawa berada dalam keadaan selamat sejahtera dan tanpa dosa, memiliki hubungan yang sangat indah dengan Bapa Sang Pencipta. Namun akibat godaan si Iblis maka manusia pun akhirnya melanggar perintah Allah dan jatuh ke dalam dosa. Jatuhnya manusia ke dalam dosa ini menimbulkan beberapa akibat, yaitu
  • Kematian secara roh (Kejadian 2 : 17), putusnya hubungan yang harmonis dengan Allah. Saat Adam dan Hawa jatuh kedalam dosa, tubuh mereka tetap hidup, namun roh yang ada pada mereka menjadi mati.
  • Tubuh manusia pada mulanya diciptakan untuk bisa menikmati kekekalan, namun pada akhirnya berubah menjadi rapuh dan fana dan berujung pada kematian fisik (Roma 6 : 23). Kita bisa melihat saat ini tubuh manusia semakin lama semakin lemah, tidak ada manusia yang tidak memiliki kelemahan fisik, buktinya bisnis apotik semakin menjamur, kebutuhan obat-obatan semakin tinggi. Tubuh manusia, mulai dari ujung rambut hingga ujung kaki tidak ada satupun yang bisa lolos dari yang namanya penyakit. Mulai dari penyakit ringan seperti ketombe dan panu hingga penyakit berat seperti kanker, diabetes, jantung, ginjal, dll.
  • Dosa yang dibuat oleh Adam dan Hawa ini akhirnya disebarkan pada seluruh dunia melalui keturunannya (Roma 5 : 12). Mulai sejak itulah hidup manusia tidak bisa dilepaskan dari yang namanya dosa.
  • Ending dari kehidupan manusia yang penuh dengan dosa inilah yang akan membawa pada hukuman yang kekal di Neraka (Ibrani 9 : 27)
Keadaan seperti empat hal diatas membuat manusia berada dalam posisi "tidak selamat" dan membutuhkan seorang "juru selamat" yang dapat menyelamatkan dari hukuman yang kekal tersebut. Pada hari Natal, Anak Allah yaitu Yesus dikaruniakan kepada seluruh umat manusia sebagai juru selamat dunia.


Pada artikel ini kita belajar alasan yang pertama dulu ya, pada artikel selanjutnya "Apa Tujuan Yesus Datang ke Dunia (Part 2)", saya akan tuliskan juga dua alasan lainnya. So, disimak terus ya :)

Sumber : Khotbah Bpk. Pdt. Larry Nathan Kurniadi, M.A. pada acara ibadah Minggu, 15 Desember 2013 di GBI Aletheia Yogyakarta.

3 komentar:

  1. Ia datang untuk melayani ...

    BalasHapus
  2. Untuk apa Allah mengaruniakan Tuhan Yesus kedunia ... ... ...

    Lalu umat kristiani menjadi atau dinamakan Tubuh kristus ... Mengapa Tubuh kristus itu tak memiliki hal hal yang terdapat pada Tuhan Yesus ... Semoga ... �� ...

    BalasHapus
  3. Terima kasih untuk share firman Tuhannya

    BalasHapus