Rabu, 25 Desember 2013

Rencana Allah Yang Besar Untuk Kota Kecil Bethlehem (Part 2)

Melanjutkan artikel saya sebelumnya, Rencana Allah Yang Besar Untuk Kota Kecil Bethlehem (Part 1), kita telah belajar rencana Allah yang pertama untuk kota Bethlehem, hari ini kita akan lanjut pembelajaran firman Tuhan yaitu apa lagi sih rencana besar Allah untuk kota kecil Bethlehem? Mari kita lihat bersama.

Bethlehem - The Power of God's Blessing
Rut tetap menemani Naomi
Jika sebelumnya kita ketahui bahwa Bethlehem menjadi tempat persinggahan Yakub dan istrinya, Rahel. Ternyata di dalam Alkitab juga disebutkan jika Bethlehem juga menjadi tempat dimana keluarga Elimelekh, dan istrinya Naomi, serta kedua anaknya yaitu Mahlon dan Kilyon tinggal. Hingga suatu saat Bethlehem mengalami musibah kelaparan yang sangat hebat hingga Elimelekh memutuskan untuk mengajak seluruh keluarganya untuk hijrah ke daerah Moab. Di daerah Moab ini mereka tinggal untuk beberapa lama hingga kedua anak mereka akhirnya menikah dengan wanita Moab yaitu Orpa dan Rut.

Awalnya mereka hidup bahagia, namun sayangnya Tuhan punya rencana lain dalam hidup mereka, Elimelek, Mahlon, dan Kilyon meninggal dunia di Moab, sehingga sekarang terdapat 3 janda dalam satu rumah, yaitu Naomi, Orpa, dan Rut. Karena beban hidup yang semakin berat, akhirnya Naomi memutuskan untuk kembali ke Bethlehem, awalnya Orpa dan Rut memutuskan untuk ikut, namun setelah Naomi memperingatkan betapa beratnya hidup mereka kelak, Orpa akhirnya mengundurkan diri dan meninggalkan Naomi, sementara Rut tetap memutuskan untuk bertahan dan ikut kemanapun Naomi pergi (Rut 1 : 16 - 17).

Naomi bertemu dengan Boas
Naomi dan Rut akhirnya kembali ke Bethlehem dalam keadaan yang sangat memprihatinkan, tak berdaya dan tanpa masa depan. Namun Tuhan mengubah keadaan yang tampak hopeless ini menjadi keadaan yang full blessing ketika akhirnya Rut bertemu dengan Boas, seorang tuan tanah di Bethlehem yang akhirnya menjadi suami Rut. Dari pernikahan mereka lahirnya seorang anak yaitu Obed, yang kemudian memiliki anak yaitu Isai, ayah dari Raja Daud, yang kita ketahui merupakan cikal bakal dari Tuhan Yesus Kristus. (Rut 4 : 17). Luar biasa sekali bukan? Bethlehem menjadi typology dari kuasa Tuhan yang mampu mengubah keadaan yang tanpa harapan (hopeless) menjadi full blessing, hari depan yang cerah dan penuh harapan.

Hari ini kita belajar satu lagi rencana besar Allah terhadap kota kecil Bethlehem, pada artikel berikutnya Rencana Allah Yang Besar Untuk Kota Kecil Bethlehem (Part 3) kita akan belajar rencana besar lain yang disiapkan Allah Bapa untuk Bethlehem.


Sumber : Khotbah Bpk. Pdt. Larry Nathan Kurniadi, M.A. pada acara ibadah Minggu, 22 Desember 2013 di GBI Aletheia Yogyakarta.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar