Senin, 25 November 2013

Mengapa Ada Rapture dan Kapan Rapture Akan Terjadi?

Melanjutkan Artikel saya sebelumnya yaitu tentang Rapture - Pengangkatan ke Sorga, maka pada artikel berikut ini kita akan bahas mengapa harus terjadi Rapture dan kapan waktu itu akan terjadi.

Mengapa Harus Ada Rapture?
Dalam khotbah-Nya tentang akhir zaman, Yesus menjelaskan bahwa akan ada satu masa yang sangat mengerikan menimpa seluruh bumi. Masa ini disebut The Great Tribulation (Masa Kesusahan Besar). "Sebab pada masa itu akan terjadi siksaan yang dasyat seperti yang belum pernah terjadi sejak awal dunia sampai sekarang dan tidak akan terjadi lagi. Dan sekiranya waktunya tidak dipersingkat, maka dari segala sesuatu yang hidup tidak akan ada yang selamat; akan tetapi oleh karena orang-orang pilihan waktu itu akan dipersingkat" (Matius 24 : 21 -22).

The Great Tribulation ini akan berlangsung selama 7 (tujuh) tahun dan inilah masa dimana Anti Kristus yang dilatar-belakangi oleh kuasa kegelapan akan menyatakan dirinya. Saat itu juga adalah saat dimana murka Allah dinyatakan dalam bentuk 7 materai, 7 sangkakala, dan 7 cawan (kitab Wahyu). Pertanyaannya : Apakah kita sebagai anak-anak Tuhan yang sudah menjadi milik Kristus akan masuk ke dalam masa yang mengerikan itu?. Jangan kuatir karena jawabannya adalah Tidak!!, Karena Tuhan Yesus menyebut umat tebusan-Nya sebagai "Tubuh Kristus dan Mempelai Kristus" dan kepada Tubuh dan Mempelai-Nya, Ia telah berjanji demikian :
  • Roma 8 : 1 - Mereka yang menjadi milik-Nya tidak akan kena penghukuman lagi
  • 1 Tesalonika 1 : 10 - Yesus datang untuk menyelamatkan milik-Nya dari murka yang akan datang
  • 1 Tesalonika 5 : 9 - Kita tidak ditetapkan untuk ditimpa murka. Tetapi untuk menerima keselamatan oleh Yesus Kristus
Cara yang digunakan oleh Yesus untuk melepaskan milik-Nya dari masa Great Tribulation adalah dengan Rapture atau pengangkatan, yang mana hal tersebut sangat sesuai dengan tata cara pernikahan umat Yahudi dimana mempelai pria datang untuk menjemput mempelai wanita untuk masuk dalam pesta pernikahan yang semarak.

Kapan Rapture Akan Terjadi?
Tuhan Yesus menjelaskan bahwa tidak ada seorangpun yang tahu kapan Rapture akan terjadi, namun kita diajarkan untuk siap sedia dan berjaga-jaga (Matius 24 : 42-44). Dalam rangka berjaga-jaga inilah kita harus menjadi orang percaya yang bijak membaca tanda-tanda zaman. Ada beberapa tanda yang dapat kita kemukakan disini, antara lain :
  1. Tanda pohon ara (bangsa Israel) yang bertunas kembali. Bangsa Israel muncul kembali pada tanggal 14 Mei 1948 dan diiringi dengan munculnya kembali bahasa kuno yang sudah lama mati.
  2. Berkembangnya ilmu pengetahuan secara luar biasa cepatnya, menggenapi penglihatan dari Daniel 12 : 4
Bagaimana Proses Terjadinya Rapture?
Bagian Alkitab yang paling rinci membahas tentang Rapture adalah 1 Tesalonika 4 : 13-18, dimana Rasul Paulus memberikan rincian peristiwa Rapture ini, antara lain :
  1. Tanda pertama diberikan, yaitu penghulu malaikat berseru dan sangkakala Allah berbunyi.
  2. Yesus turun dari Sorga dan siap menyambut mempelai-Nya di awan-awan.
  3. Orang-orang mati yang menjadi milik Kristus dibangkitkan.
  4. Semua orang hidup yang sudah menjadi milik Kristus diangkat ke Sorga.
  5. Terjadi reuni yang dasyat luar biasa, semua orang orang yang menjadi milik Kristus bersuka cita dan bersuka ria sebab akan berada bersama dengan Kristus selama-lamanya.

8 komentar:

  1. boleh tanya, kak? Mana dulu yg akan terjadi, muncul antikristus dulu atau rapture duluan?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau aku muncul nya antikris dulu dan di siti 7 tahun kesengsaraan dan setelah itu berbunyi nya 7 terompet sankakala lalu Yesus turun ke dunia untuk mengangkat umat nya

      Hapus
  2. boleh tanya, kak? Mana dulu yg akan terjadi, muncul antikristus dulu atau rapture duluan?

    BalasHapus
  3. rapture duluan baru antikris lalu perang armagedon baru kerajaan 1000 thn

    BalasHapus
  4. Jadi bagaimana dengan Mat 24:29-31
    1 Tesalonika 4:16-17
    Tolong penjelasannya pak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Maksud nya apa yang ingin di jelaskan, maksud nya itu AnakManusia, itu huruf besar berarti itu adalah putra yang di percaya sebagai Bapa, Putra dan Roh Kudus Tritunggal

      Hapus
  5. Kapan rapture akan terjadi di tengah2 korona ini ?

    BalasHapus