Senin, 14 April 2014

Makna Paskah - Jangan Sia-siakan Pengorbanan Tuhan Yesus di Kayu Salib Golgotha

Shalom sobat semua, sebentar lagi kita akan merayakan hari raya Paskah, hari dimana Tuhan Yesus yang turun kedunia untuk kita semua, menyerahkan nyawa-Nya dan mati diatas kayu salib Golgotha demi menebus semua dosa-dosa manusia. Saya ingin bercerita sedikit, saya lahir dan dibesarkan di dalam keluarga yang menganut agama Katholik, hanya saja sejak kecil saya tidak pernah mendapatkan pendidikan agama yang layak dari kedua orang tua saya. Waktu itu saya "beragama" Katholik dan bahkan telah menerima Sakramen Baptis, tapi hingga saya lulus kuliah dari Universitas Sanata Dharma, jujur saya katakan bahwa saya tidak mengerti tentang isi Alkitab, dan bahkan apa itu makna dari hari raya Paskah saja saya tidak tahu persis. Yang saya ketahui tentang Paskah hanyalah informasi bahwa itu adalah hari dimana Tuhan Yesus mati di kayu salib. Tapi makna dan tujuan dari kematian Yesus sendiri saya tidak tahu. Bahkan ketika di SMU dulu pernah ada teman yang berbeda keyakinan meledek saya karena mau ikut Yesus, padahal Yesus sendiri tidak bisa menyelamatkan nyawa-Nya dari hukuman mati di kayu salib. Dan saya hanya tertawa tanpa bisa berkata apa-apa, karena saya tidak bisa membantahnya dan dalam hati pun "membenarkan" apa yang dikatakan teman saya tersebut.

Namun puji Tuhan karena sejak saya mengenal pacar saya yang sekarang telah menjadi istri saya di akhir tahun 2003 yang lalu, singkat cerita akhirnya saya memutuskan untuk menjadi jemaat pada GBI Aletheia Yogyakarta yang digembalakan oleh Pendeta Ishak Sugiyanto. Naik turun pertumbuhan iman telah saya alami, berulang kali jatuh bangun dalam dosa pun sangat sering saya lakukan, tapi sekali lagi puji Tuhan kami bisa semakin bertumbuh dan mendapatkan banyak pengajaran tentang Firman Tuhan yang membuat iman kami semakin kuat dan kami semakin mengerti mengapa Yesus mau mengorbankan dirinya di kayu salib. Dia tidak dibunuh oleh tentara Roma, karena Dia adalah Tuhan yang menciptakan langit dan bumi beserta dengan isinya, tetapi Dia dengan sukarela menyerahkan nyawa-Nya untuk menebus segala dosa kita semua. Dia rela tergantung diatas kayu salib agar kita semua bisa mendapatkan penebusan atas semua dosa-dosa kita dan dilayakkan untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Itu semua adalah anugerah yang luar biasa untuk seluruh umat manusia.

Pertanyaannya adalah : Mengapa Yesus mau menyerahkan nyawa-Nya? Padahal jika memang Dia adalah Tuhan, bukankah Dia tidak perlu harus turun tangan dengan cara seperti ini? bukankah Dia hanya cukup berfirman saja? Jawabannya adalah karena kita semua terlalu istimewa dan sangat berharga dimata-Nya. Di dalam Perjanjian Lama tertulis tanpa pertumpahan darah maka tidak ada pengampunan dosa, artinya bahwa untuk menebus dosa-dosa manusia dibutuhkan darah yang tertumpah/tercurah. Di dalam Perjanjian Lama, digunakan darah hewan, khususnya domba, untuk digunakan sebagai penebusan dosa seseorang. Coba sobat bayangkan, untuk menebus dosa satu orang saja dibutuhkan 1 (satu) ekor domba jantan yang tidak bercacat cela, bagaimana kalau yang harus ditebus jumlahnya milyaran? Untuk menebusnya dibutuhkan biaya yang sangat-sangat mahal, dan itu semua bisa ditebus hanya dengan Darah Yesus. Mengapa darah Yesus? karena darah Yesus bersih dari segala dosa. Dia adalah satu-satunya yang tidak berdosa, dan hanya dengan darah-Nya semua dosa manusia bisa disucikan sehingga kita semua layak untuk masuk ke dalam Kerajaan Sorga. Oleh karena itu janganlah pernah menyia-nyiakan pengorbanan Tuhan Yesus.

Kita semua telah ditebus dari cara hidup kita yang sia-sia, bukan dengan barang yang fana, bukan dengan perak ataupun emas, namun dengan darah yang mahal. Darah Yesus yang mampu memulihkan seluruh aspek dalam kehidupan kita, yang mampu menyucikan seluruh dosa-dosa kita. Kita sebagai manusia yang penuh dengan dosa telah disucikan oleh darah-Nya sehingga menjadi bersih kembali dan dilayakkan untuk menjadi bagian di dalam Kerajaan Sorga yang mulia. Amin

Selamat Paskah
Dedy Liem

2 komentar:

  1. thanks mas atas share nya. Saya jadi tahu nih tentang makna paskah. Luar biasa posting nya mas ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama Mbak Wahyu Eka...Terima kasih sudah berkunjung dan berkomentar di blog saya. Saya tunggu kunjungan selanjutnya ya :)

      Hapus