Senin, 13 Oktober 2014

Anugerah Keselamatan Kekal Itu Gratis

Pada suatu ketika diadakan operasi katarak secara gratis yang dilakukan oleh beberapa gereja yang bekerja sama dengan beberapa lembaga dari daerah setempat. Selain mendapatkan operasi gratis, pasien juga mendapatkan ongkos untuk transportasinya. Yang unik adalah sebagian besar dari pasien tidak percaya jika operasi katarak tersebut benar-benar gratis, mereka bertanya-tanya apakah ada syarat-syarat lain yang harus mereka penuhi, termasuk apakah mereka harus membayar sejumlah uang sekedar sebagai uang lelah bagi para relawan yang telah terlibat di dalam acara tersebut.

Hal yang hampir sama dapat kita temukan di dalam kasus yang berkaitan dengan anugerah keselamatan kekal yang diberikan oleh Yesus melalui pengorbanan-Nya di atas kayu salib. Kita selalu bertanya, apakah ini benar-benar gratis? Jawabannya adalah Ya, ini gratis..tis. Kita hanya perlu percaya kepada-Nya saja. Percaya atau beriman berarti sepakat bahwa kita tidak dapat mengatasi dosa dengan kekuatan kita sendiri, melainkan cukup dengan menerima penebusan Yesus yang sempurna. Hanya itu saja. Kita tidak perlu "membayar" penebusan-Nya itu dengan perbuatan baik atau membayar sejumlah uang dan harta benda yang kita miliki. Penebusan-Nya sudah cukup untuk menyelamatkan kita semua, melepaskan kita dari kuasa dosa dan memberikan kita kehidupan baru bersama dengan Dia. Karena keselamatan merupakan pemberian, kita tidak dapat menyombongkannya, namun kita dapat merayakannya.

"Sebab karena anugerah kamu diselamatkan oleh iman; itu bukan hasil usahamu, tetapi pemberian Allah, itu bukan hasil pekerjaanmu: jangan ada orang yang memegahkan diri. Karena kita ini buatan Allah, diciptakan dalam Kristus Yesus untuk melakukan pekerjaan baik, yang dipersiapkan Allah sebelumnya. Ia mau, supaya kita hidup di dalam-Nya." (Efesus 2 : 8-10).

Bagaimana dengan kita? semoga kita tidak termasuk dalam kelompok yang berusaha menambahkan anugerah keselamatan dengan perbuatan tertentu. Kita hanya perlu menerima anugerah Allah dengan rasa syukur, lalu menanggapinya dengan menjalani hidup baru yang dikaruniakan-Nya. Kehidupan baru yang kita miliki bersama dengan Dia akan mengubahkan karakter dan gaya hidup yang kita miliki saat ini, dan kita akan memiliki identitas baru di dalam Kristus. Perbuatan baik bukan lagi digunakan untuk meraih keselamatan, namun sebagai ucapan syukur karena kita telah diselamatkan. Persembahan bukanlah harga atau uang yang harus kita bayar untuk keselamatan kita, melainkan sebagai ucapan syukur dan bukti bahwa kita lebih mengasihi Tuhan dibandingkan harta duniawi yang kita miliki saat ini.

1 komentar:

  1. Pembahasan dan tips ini sangat baik sekali. Jangan lupa kunjungi juga situs kami Roket4D

    BalasHapus