Rabu, 15 Oktober 2014

Cara-cara Efektif Melawan Godaan Si Iblis

Setelah Yesus berpuasa selama 40 hari dan 40 malam, Firman Tuhan mengatakan bahwa akhirnya Yesus lapar juga (Matius 4 : 2), dan mulailah iblis datang untuk mencobai-Nya dengan memulai pancingan untuk mengubah batu-batu menjadi roti. Dari perikop ini, terdapat 3 cobaan yang dilontarkan iblis kepada Yesus dan untuk semuanya itu iblis tidak berhasil/gagal, dan hal-hal semacam ini bisa terjadi pada setiap orang percaya juga. Namun Alkitab memberi 3 pelajaran penting untuk mengatasi cobaan-cobaan tersebut, yaitu :

  1. Mengkomsumsi Firman Tuhan
    Matius 4 : 4 menuliskan bahwa manusia tidak hidup dari roti saja, tetapi dari setiap firman yang keluar dari mulut Allah, Dalam hidup di dunia inipun kita tidak lepas akan apa yang disebut kebutuhan, dan yang berkaitan dengan konteks perikop ini, Yesus juga mengalami apa yang disebut "lapar" sehingga Yesus membutuhkan makanan (roti). Namun untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan tersebut hendaknya kita tidak melakukan cara-cara yang tidak benar, misalnya saja berbuat curang/tidak jujur dalam berdagang, dalam bisnis, dalam pekerjaan, dan lain sebagainya.

    Jika kita senantiasa mengkonsumsi firman Tuhan, maka firman itu akan mengajar kita untuk melakukan hal yang benar dalam berbagai aspek kehidupan, meskipun hal itu tidaklah semudah kita membalikkan telapak tangan, namun apapun yang dikerjakan orang benar pasti akan berhasil
  2. Jangan Mencobai Tuhan
    Matius 4 : 7 Yesus menjelaskan tentang firman yang menuliskan untuk tidak mencobai Tuhan, Allahmu

    Dalam ayat sebelumnya (ayat 6), iblis mencobai dengan menggunakan ayat-ayat firman Tuhan, dan konteksnya dalam pencobaan kedua ini terjadi, Yesus sedang berada di bubungan Bait Allah, yang artinya dalam kehidupan rohani dan pelayanan gereja kita memasuki tahapan dimana kita ditempatkan pada posisi yang tinggi. Namun pesan firman Tuhan, jika semua itu boleh terjadi hendaknya kita tidak boleh sombong sehingga berani mencobai Tuhan.
  3. Hanya Tuhan Saja yang Layak Disembah
    Matius 4 : 10 menceritakan bahwa akhirnya Yesus mengusir iblis dan berkata bahhwa Tuhan Allah saja yang patut disembah.

    Cobaan ketiga yang iblis tawarkan adalah kekuasaan akan keduniawian, yang di dalamnya ada kekayaan harta, tahta jabatan dan kuasa untuk memerintah sesuai dengan ayat ke-9 pada perikop ini dengan syarat yaitu mau menyembah kepada iblis (mau diperbudak oleh iblis). Jika tawaran-tawaran duniawi ini datang kepada kita, maka kita harus berani menolak tawaran itu dan mengusir iblis di dalam nama Yesus, dan hanya kepada Tuhan saja kita berbakti dan menyembah.
Secara ringkas, hendaknya kita senantiasa rajin membaca Alkitab sebagai konsumsi rohani kita, dan tetap rendah hati dan tidak sombong jika kita dipercayakan Tuhan dalam pekerjaan yang baik, pelayanan yang baik, karena melalui semuanya itu hanya Tuhan saja yang layak dimuliakan dan ditinggikan. -- WISH

1 komentar:

  1. Pembahasan dan tips ini sangat baik sekali. Jangan lupa kunjungi juga situs kami Roket4D

    BalasHapus