Selasa, 14 Oktober 2014

Menjadi Dingin di Tengah Dunia yang Semakin Panas

Tuhan Yesus dalam Matius 24:12 menjelaskan sbb : "Karena makin bertambahnya kedurhakaan maka kasih kebanyakan  orang akan menjadi dingin." Perhatikan istilah "sebagian besar"- ini menunjukan kepada jumlah mayoritas umat Tuhan .Hanya golongan minoritas saja yang kasihnya kepada Tuhan tetap berapi-api. Ini benar-benar sebuah nubuat yang sangat menyedihkan. Dunia semakin panas dengan segala pergolakan dan permasalahan , namun kenyataannya sebagian besar orang Kristen bukannya makin berapi-api dengan Tuhan , mereka malah semakin dingin kasihnya kepada Tuhan.

Apakah ciri-ciri orang Kristen yang kasihnya kepada Tuhan sudah menjadi dingin? Ingat, hubungan antara jemaat dan Kristus itu diumpamakan dengan hubungan suami-istri. Perhatikanlah bagaimana relasi suami-istri yang sudah menjadi hambar dan dingin.

A. MINAT UNTUK FELLOWSHIP DENGAN TUHAN AMAT MINIM
Waktu pacaran dulu dimana ada cinta membara, komunikasi lancar sekali (bisa berjam-jam lamanya). Tetapi ketika kasih menjadi dingin, antara suami dan istri sudah tidak ada lagi komunikasi. Ngomong aja ogah! Dulu suka sekali bersekutu dan berkomunikasi dengan Tuhan, praise worship & prayer jadi life-stylenya. Tapi itu dulu. Sekarang semangat seperti itu sudah semakin kurang........semakin kurang.........lalu padam sama sekali, menjadi dingin (seperti sop buntut di kulkas)!

B. SELERA UNTUK MAKANAN ROHANI TIDAK ADA
Waktu cinta masih hangat membara, membaca surat cinta mendatangkan suka cita besar. Tetapi ketika kasih sudah menjadi dingin, tak ada kerinduan sama sekali untuk membaca surat. Dulu suka membaca dan mendalami Firman Tuhan. Lama-kelamaan minat itu semakin berkurang-semakin berkurang-akhirnya tidak ada lagi selera sama sekali untuk Firman Tuhan.

C. KERINDUAN IBADAH JUGA MINIM BANGET 
Waktu cinta masih membara ,saat untuk bertemu sang kekasih selalu dinanti-nantikan. Pergi berduaan sambil bergandeng tangan adalah saat yang didambakan. Tetapi ketika kasih sudah menjadi dingin, ketemu saja enggan apalagi pergi berduaan. Dulu sikapnya seperti Mazmur 122 :1 - penuh suka cita masuk rumah Tuhan. Tetapi lama-kelamaan suka cita itu mulai pudar dan akhirnya hanya jadi kristen kapal selam saja. Hanya muncul pada waktu ada acara-acara khusus saja seperti Natal, Paskah, dlsb. No time for God but have time for hobby and traveling.

D. SUKA LONTARKAN KRITIKAN 
Ketika kasih masih hangat membara, semuanya nampak serba oke. Suami dan istri dapat menerima kelebihan dan kekurangan masing-masing.Tetapi ketika kasih sudah menjadi dingin, mulailah suami dan istri menjelek-jelekkan satu sama lain. Perhatikanlah orang-orang yang suka menjelek-jelekkan gereja dan para pelayan Tuhan. Kalau anda menjumpai orang semacam itu, ketahuilah dengan pasti : Orang ini masuk golongan PSUGO, kasihnya kepada Tuhan sudah menjadi dingin!.

E.TIDAK ADA PERSEMBAHAN KASIH 
Waktu kasih masih hangat, selalu ada pemberian antara suami-istri, misalnya oleh-oleh dari luar kota, waktu ulang tahun, dlsb. Ketika kasih sudah menjadi dingin, tidak ada lagi pemberian kasih. Demikian juga orang Kristen, satu tanda yang jelas bahwa kasihnya kepada Tuhan sudah menjadi dingin ialah dengan menghentikan persembahan persepuluhan/syukur/dlsb. Yang dahulu selalu ia berikan dengan kasih kepada Tuhan, sekarang dipakai untuk diri sendiri. Bukan itu saja, ia lalu menghalang-halangi orang lain yang mau memberi kepada Tuhan dengan kasih.

F. MINAT UNTUK HAL-HAL DUNIAWI BESAR SEKALI
Di waktu cinta masih hangat berapi-api, hati selalu berpaut kepada si dia. Ketika kasih menjadi dingin, perhatian ditunjukan kepada si dia yang lain (PIL dan WIL - pria idaman lain atau wanita idaman lain). Begitulah juga keadaan orang Kristen. Ketika kasihnya kepada Tuhan menjadi dingin maka hatinya tertarik kepada keduniawian : keinginan mata, keinginan daging, dan keangkuhan hidup (Yoh. 2:15-17).

                            AKIBAT KASIH YANG MENJADI DINGIN
Akibatnya sungguh sangat berbahaya! Pehatikanlah prosesnya : Mulailah hanya dingin, kemudian beku, lalu menjadi keras seperti es. Hal semacam ini bisa terjadi pada diri orang yang sudah menerima anugrah kasih karunia dari Yesus. Istilah Biblikalnya kita peroleh dari Daud ketika ia mengalami keadaan "psugo" adalah : Kehilangn sukacita keselamatan (The joy of salvation). Itulah sebabnya Daud berdoa - Bangkitkanlah kembali padaku kegirangan karena selamat yang dari pada-Mu dan lengkapilah aku dengan roh yang rela (Mazmur 51:14).

                           BAGAIMANA MENCAIRKAN KEBEKUAN 
Bagaimanakah memuluhkan kasih yang dingin supaya hangat kembali? Untuk itu kita belajar dari nasehat Tuhan Yesus kepada jemaat di Efesus (Wahyu 2:1-7). Istilah yang dipakai oleh Yesus adalah - "meninggalkan kasihmu yang semula" (ay.4). Ini sama dengan kasih yang tadinya hangat (kasih yang mula-mula), lalu menjadi dingin. Untuk bisa pulih kembali ada nasehat 3R dari Yesus (ay.5):

A. REMEMBER (INGATLAH)
Ingat masa yang lalu ketika kasih masih membara. Sukacitanya beribadah dan melayani.
Nikmatnya persekutuan dengan Yesus. Bayangkanlah itu baik-baik dalam imajinasi kita.
B. REPENT (BERTOBATLAH)
Ambil sikap tegas untuk tidak membiarkan situasi dingin berlarut terus-menerus. Ambil putusan bermutu untuk berubah secara total!
C. REDO (LAKUKANLAH LAGI)
Apa yang sudah ada pada imajinasi tentang suka cita masa lalu itu harus diulangi lagi /dilakukan kembali pada masa kini. Kalau masih tetap "psugo"dan es yang keras tidak mencair kembali, Tuhan Yesus memberikan "discipline" terhadap anak-Nya yang menyimpang - lihat Ibrani 12:5-11 tentang didikan Tuhan. Yang benar ialah : Jangan menunggu sampai Tuhan mendidik kita, tetapi tetaplah melekatlah kepada Yesus, Pokok Anggur yang benar dan berbuah lebat untuk kemuliaan nama-Nya. Soli Deo Gloria! 

4 komentar:

  1. Setiap kita yang tidak memelihara "Kasih Mula-mula"/cinta pertama dg Tuhan, dipastikan akan dingin,

    BalasHapus
  2. renumgan yang bagus dan mengingatkan agar tetap menjaga hubungan intim dengan Tuhan..

    BalasHapus
  3. Pembahasan dan tips ini sangat baik sekali. Jangan lupa kunjungi juga situs kami Roket4D

    BalasHapus
  4. Pembahasan dan tips ini sangat baik sekali. Jangan lupa kunjungi juga situs kami Roket4D

    BalasHapus