Jumat, 14 Februari 2014

A New Identity in Christ

"Jadi siapa yang ada di dalam Kristus, ia adalah ciptaan baru; yang lama sudah berlalu, sesungguhnya yang baru sudah datang." (2 Korintus 5 :17)


Berita tentang kenaikan Yesus ke Sorga dicatat dalam Injil Lukas 24 : 50 - 51 sebagai berikut : "Lalu Yesus membawa mereka keluar kota sampai dekat Betania. Disitu Ia mengangkat tangan-Nya dan memberkati mereka. Dan ketika Ia sedang memberkati mereka, Ia berpisah dari mereka dan terangkat ke Sorga". Selain itu ada juga kisah tentang kenaikan Yesus ke Sorga dalam Injil Markus 16 : 19 yang memberikan tambahan lain sebagai berikut : "Sesudah Tuhan Yesus berbicara demikian kepada mereka, terangkatlah Ia ke Sorga, lalu duduk di sebelah kanan Allah" (the right hand of God).

Berdasarkan pada dua bagian Injil di atas, kita bisa mengerti dua hal, yaitu : Waktu masih di bumi dan kemudian terangkat ke Sorga, tangan Yesus terangkat dengan sikap memberkati umat-Nya. Dan sekarang, setelah Yesus kembali ke Sorga dan berada pada God's Right Hand, tangan-Nya yang penuh dengan kuasa lebih siap lagi untuk memberkati umat-Nya secara berlimpah-limpah. Jika kita berbicara tentang berkat dari Tuhan Yesus yang berada pada God's Right Hand tentunya tak ada habis-habisnya, namun saat ini kita mau melihat satu berkat dari Yesus yang teramat sangat penting, yaitu New Identity in Christ.

Berkat dari New Identity
Dengan mengerti dan memahami identitas baru yang kita miliki di dalam Kristus, kita sebagai orang beriman memperoleh manfaat yang sangat besar. Old identity atau identitas diri yang lama seringkali menghasilkan citra diri yang negatif dan diwarnai dengan pelbagai macam tuduhan, kutuk, ketidakberdayaan dan serba keterbatasan. Jika kita perhatikan di dalam Amsal 23 : 7 menjelaskan hal ini - For as he thinks in his heart, so is he (Amplified Bible) = Sebagaimana orang berpikir tentang diri sendiri, demikian itulah keadaan orang tersebut. Jadi, apabila seseorang dikuasai oleh citra diri yang negatif tentang dirinya sendiri maka ia akan terus gagal dan kalah. Namun New Identity in Christ memberikan perubahan secara drastis, citra diri yang negatif diganti dengan citra diri yang positif. Kita bukan lagi manusia yang lama, hidup kita sekarang sudah berada "In Christ" sehingga kita adalah :

  1. Orang Pilihan Tuhan
  2. Umat Tebusan Darah Kristus
  3. Ciptaan Yang Baru
  4. Kebenaran Allah di Dalam Kristus
  5. Orang yang Terbebas Sepenuhnya Dari Hukuman
Katakanlah New Identity In Christ ini kepada diri sendiri sesering mungkin, jangan hanya diam dan disimpan di dalam hati saja, sehingga citra diri positif akan menjadi dasar untuk maju dan meraih victory yang membawa kita from glory to glory in Christ Jesus.

1 komentar: