Rabu, 16 September 2015

Menikmati Matahari Terbit dengan Bersepeda ke Candi Prambanan

Pagi ini begitu cerah, seperti pada hari-hari sebelumnya, saya bangun lebih awal untuk mulai berolahraga. Olahraga pagi memang menjadi kegiatan favorit saya, karena selain membuat tubuh sehat, olahraga juga membuat pikiran saya menjadi lebih fresh dalam menghadapi pekerjaan setiap harinya. Sejak saya masih kuliah, saya tergolong cukup aktif melakukan aktivitas olahraga pagi seperti joging maupun bersepeda, namun sekitar 4 tahun yang lalu saya bisa dibilang sangat jarang berolahraga karena kesibukan dalam merintis usaha sprei, akibatnya tubuh terasa berat, malas untuk bergerak dan yang paling parah adalah nafsu makan mulai sulit dikontrol, sehingga perlahan namun pasti dan tanpa disadari berat badan saya mulai mengalami peningkatan hingga hampir mencapai 80kg, padahal sebelumnya bobot saya hanya sekitar 66-67kg saja, selain itu ragam penyakit seperti kolesterol, jantung, dll. mulai menjadi warning yang harus saya perhatikan.

Dua tahun terakhir ini saya mulai aktif berolahraga kembali dan disiplin mengatur pola makan sehingga bobot sudah mulai kembali normal ke kisaran angka 66kg. Dengan rutin berolahraga dan diet makanan sehat membuat tubuh saya terasa lebih segar dan nyaman untuk menghadapi aktivitas rutin setiap harinya. Sebenarnya olahraga yang cukup saya gemari antara lain renang, joging, dan bersepeda, namun kini yang menjadi favorit saya adalah bersepeda, karena dengan bersepeda saya bisa menjangkau daerah-daerah yang cukup jauh dari rumah dibandingkan dengan joging. Selain itu, dengan bersepeda keliling daerah, khususnya melalui rute-rute persawahan atau pegunungan yang memiliki pemandangan indah akan membuat hati menjadi terhibur dan terasa seperti sedang rekreasi.

Agenda bersepeda saya hari ini adalah menuju Candi Prambanan, saya suka sekali rute ini karena sambil berolahraga, saya bisa menikmati indahnya matahari terbit di balik ladang dan sawah yang terbentang di sepanjang jalan. Jarak dari rumah saya menuju Candi Prambanan sekitar 15km, atau rute PP sejauh sekitar 30km, yang saya tempuh dalam waktu sekitar 2 jam perjalanan. Buat sobat yang mungkin mengalami problem kelebihan berat badan, bisa mencoba mulai rutin berolahraga pagi karena selain menyehatkan, juga bisa menurunkan berat badan. Selamat Pagi...:)

2 komentar: