Rabu, 27 November 2013

The Daniel Code - Mengungkap Rahasia Akhir Zaman (Part 2)

Empat binatang yang muncul dari dalam laut

Menyambung tulisan saya sebelumnya The Daniel Code - Mengungkap Rahasia Akhir Zaman (Part 1), maka pada bagian ini saya ingin mengajak para sahabat untuk membahas mengenai penglihatan Daniel mengenai akhir zaman yang tertulis pada kitab Daniel pasal ke-7. Pada pasal tersebut seperti kita ketahui bahwa Daniel mengalami suatu penglihatan mengenai 4 ekor binatang atau lebih tepatnya jika disebut Monster yang keluar dari dalam laut. Laut yang disebutkan disini (Alkitab) adalah laut Mediterania (Laut Tengah), dimana semua peristiwa Alkitab banyak terjadi di sekitar laut ini. Laut yang terus bergelora menggambarkan pergumulan dan pergolakan bangsa-bangsa yang tidak pernah habis sepanjang masa. Empat binatang yang dilihat oleh Daniel adalah :
  1. Binatang pertama - Singa yang mempunyai sayap rajawali yang kemudian sayapnya tercabut. Akibatnya ia terangkat dari tanah dan ditegakkan pada kedua kakinya seperti layaknya manusia. Ini menunjuk pada kerajaan Babil, rajawali menggambarkan sosok raja Nebukadnezar yang akhirnya harus tunduk pada kuasa Tuhan dan harus makan rumput di padang belantara (Daniel 4).
  2. Binatang kedua - Beruang yang berdiri pada sisinya yang sebelah, dan tiga tulang rusuk masih ada di dalam mulutnya diantara giginya. Binatang ini melambangkan kerajaan Madai Parsi. Ketiga tulang rusuk yang berada pada mulutnya melambangkan penaklukan terhadap Babel, Lidia dan Mesir.
  3. Binatang ketiga - Macan tutul berkepala empat dengan empat sayap burung. Binatang ini melambangkan kerajaan Yunani dibawah pemerintahan Alexander The Great yang perluasan wilayahnya begitu pesat dan singkat. Empat kepala menunjuk pada empat kerajaan yang kemudian muncul setelah Alexander meninggal dalam usia muda (33 tahun), dimana keempat jenderalnya yang mewarisi kerajaannya.
  4. Binatang Keempat -  Binatang terkahir ini rupanya sangat mengerikan, dengan gigi besi dan bertanduk sepuluh. Binatang ini melambangkan kerajaan Roma. Monster ini melahap, menghancurkan dan meremukkan dengan kakinya (Daniel 7 : 7). Namun ada sesuatu yang menarik dari binatang ini yaitu tumbuhnya satu tanduk kecil di antara sepuluh tanduk itu yang menyebabkan tiga dari tanduk-tanduk itu tercabut. Pada tanduk kecil itu terdapat mata dan mulut yang menyombong. Kesepuluh tanduk ini selaras dengan sepuluh jari kaki patung pada Daniel 2, dan tanduk kecil yang muncul serta menyombongkan diri tak lain adalah penguasa dunia yang mengerikan yaitu Antikristus - si manusia durhaka 666.
Penjelasan yang diberikan kepada Daniel
Jika kita telaah lebih jauh, maka gambaran Alkitab pada Daniel 7 ini hampir mirip dengan mimpi raja Nebukadnezar pada Daniel 2, hanya ilustrasinya saja yang berbeda. Inti dari kitab Daniel ini bisa kita tarik kesimpulan sebagai berikut :
  • Muncul dan jatuhnya kerajaan-kerajaan dunia mutlak ditentukan oleh kuasa Tuhan, tetapi pada akhirnya yang akan menerima pemerintahan sampai selama-lamanya adalah orang-orang kudus milik Yang Mahatinggi (Daniel 7 : 18)
  • Kerajaan terakhir sebelum KKKK (Kedatangan Kristus yang Kedua Kali) adalah monster mengerikan yang tak lain adalah Revived Roman Empire yang digambarkan dengan sepuluh tanduk, dimana muncul satu tanduk kecil yang menganiaya orang-orang kudus (Daniel 7 : 21)
  • Bukan itu saja, si tanduk kecil Antikristus ini berusaha mengubah waktu dan hukum selama ia berkuasa yang hanya berusia 3,5 tahun (Daniel 7 : 25)
  • Pada akhirnya kuasa Antikristus akan hancur dan Kerajaan damai sejahtera di bumi akan berada di tangan Yang Lanjut Usianya (istilah untuk Tuhan), yang menghancurkan tanduk kecil itu dan mendirikan kerajaan dimana orang-orang kudus memerintah (Daniel 7 : 21-22, 27).
Relevansi Berita Daniel Code Untuk Kita Saat Ini
Setelah kita menerima berita akhir zaman yang telah kita bahas dalam Daniel 2 dan Daniel 7 ini, apa yang harus kita lakukan supaya hidup kita berkenan di hadapan Tuhan?
  1. Kita harus menjadi jemaat Kristus yang bijaksana - tahu membaca tanda zaman. Dalam Matius 16 :2-3) Tuhan Yesus menegur keras mereka yang tidak bisa membaca tanda-tanda zaman.
  2. Kunci utama kitab Daniel adalah kesalehan membawa perlindungan dan kelepasan. Hal inilah yang harus kita lakukan sebagai umat tebusan Tuhan yang hidup pada akhir zaman.
  3. Nubuat Alkitab membuat kita dapat melihat "finishing touch" Tuhan terhadap semua hal yang terjadi di bumi dan ini membuat hati kita menjadi tenang sebab kita tahu bahwa pada akhirnya Tuhan dan orang-orang benar akan menang dan memerintah bumi. We are the winning team...:)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar